Hubungan Penerapan Teknik Field Trip Dengan Pemahaman Karier Dikalangan Siswa MTsN 2 Banda Aceh

Yuhelsi Rafiqah, 180213013 (2022) Hubungan Penerapan Teknik Field Trip Dengan Pemahaman Karier Dikalangan Siswa MTsN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Penerapan Teknik Field Trip Dengan Pemahaman Karier Dikalangan  Siswa MTsN 2 Banda Aceh] Text (Hubungan Penerapan Teknik Field Trip Dengan Pemahaman Karier Dikalangan Siswa MTsN 2 Banda Aceh)
Yuhelsi Rafiqah, 180213013, FTK, BK, 085260969791.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Masalah penelitian ini menjelaskan bahwa sebagian siswa MTsN 2 Banda Aceh masih bingung dalam menentukan karirnya setelah menyelesaikan sekolah yang disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan tentang lapangan pekerjaan dan jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat. Oleh karena itu penting dilakukan penelitian dengan judul “Hubungan Penerapan Teknik Field Trip dengan Pemahaman Karir di Kalangan Siswa MTsN 2 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pemahaman karir siswa MTsN 2 Banda Aceh dan bagaimana hubungan penerapan teknik Field Trip dengan pemahaman karir siswa di MTsN 2 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemahaman karir siswa MTsN 2 Banda Aceh serta hubungan penerapan teknik Field Trip dengan pemahaman karir siswa di MTsN 2 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen desain penelitian yang digunakan adalah desain pre-eksperiment one group pre-test-post-test. Sampel penelitian sebanyak 34 siswa, namun yang diberikan penerapan field trip dengan pemahaman karir sebanyak 6 siswa yang diambil dari kategori skor terendah. pengumpulan data dilakukan dengan pembagian angket/ instrumen pemahaman karir. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman karir siswa dari kategori rendah sebelum diterapkan teknik field trip menjadi kategori sedang dan tinggi sesudah penerapan teknik field trip. Hal ini diperkuat dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05 dan derajat kebebasan (df) n-1 = 6-1=5, maka nilai thitung 4,716 > ttabel 2,01 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan penerapan teknik field trip dengan pemahaman karir di kalangan siswa MTsN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Yuhelsi Rafiqah Helsi
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:48
Last Modified: 06 Oct 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23547

Actions (login required)

View Item
View Item