Penggunaan Facebook di Kalangan Ibu-Ibu dan Konflik Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Blang Bladeh, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan)

Rahma Shintia, 170305098 (2022) Penggunaan Facebook di Kalangan Ibu-Ibu dan Konflik Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Blang Bladeh, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konflik Dalam Rumah Tangga] Text (Konflik Dalam Rumah Tangga)
Rahma Shintia, 170305092, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Facebook adalah suatu media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan ibu rumah tangga khususnya di Desa Blang Bladeh di mana dalam media sosial ini mereka cenderung melakukan curhat yang berisi tentang mengumbar aib dalam rumah tangga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak negatif penggunaan facebook dikalangan ibu rumah tangga Desa BlangBladeh, Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ibu rumah tangga Desa Blang Bladeh melakukan curhat di facebook, Bagaimana norma dan nilai-nilai agama yang dipahami ibu rumah tangga Desa Blang Bladeh terkait curhat di media sosial. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif yang berbentuk deskriptif dan termasuk penelitian Lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber yang terdiri dari Ibu-ibu rumah tangga, Ustad, dan Tuha Peut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama Pertama, Dampak dari penggunaan facebook dikalangan ibu-ibu Desa Blang Bladeh diantara lain mereka cenderung menggunakan facebook untuk melakukan curhat yang berisi tentang mengumbar aib dalam rumah tangga Kedua, Faktor-faktor yang menyebabkan ibu-ibu melakukan curhat di facebook antara lain untuk menunjukkan eksistensinya dengan cara curhat masalah pribadinya atau mengumbar masalah rumah tangga dan untuk melampiaskan emosi. Ketiga, banyak ibu-ibu yang kurang paham akan norma dan nilai-nilai agama dimana mereka mengabaikan batasan-batasan norma dalam curhat di media sosial dan tidak memperdulikan larangan dalam islam yang berkaitan dengan mengumbar aib rumah tangga dimedia sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Rahma Shintia Tia
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:13
Last Modified: 06 Oct 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23560

Actions (login required)

View Item
View Item