Pengembangan Film Kartun Dengan Menggunakan Aplikasi Vegas 7 Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di MAN 4 Aceh Besar

Nailis Fitria Sufa, 180202027 (2022) Pengembangan Film Kartun Dengan Menggunakan Aplikasi Vegas 7 Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di MAN 4 Aceh Besar. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Film Kartun Dengan Menggunakan  Aplikasi Vegas 7 Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di MAN 4 Aceh Besar] Text (Pengembangan Film Kartun Dengan Menggunakan Aplikasi Vegas 7 Dalam Pembelajaran Maharah Kalam Di MAN 4 Aceh Besar)
Nailis Fitria Sulfa, 1802020207, FTK, PBA, 081370088983.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Bedasarkan pengamatan awal peneliti pada kelas dua MAN Aceh Besar. Siswa tidak bisa bercerita dengan Bahasa arab dikarnakan mereka tidak menguasai mufradat dan tidak bersungguh – sungguh dalam belaja,r dan peneliti melihat juga bahwa murid tidak mau mempraktekkan percakapan di depan kelas dikarnakan malu terhadap kawan, oleh karna itu guru merasa kesulitan pada pembelajaran Bahasa arab. Dan peneliti melihat juga bahwa guru tidak menggunakan media pada pembelajaran Bahasa arab khususnya pada maharah kalam, oleh karna itu peneliti menggembangkan film kartun dengan menggunakan aplikasi vegas 7 pada maharah kalam. Adapun tujuan peneliti adalah untuk mengetahui efektivitas pengembangan film kartun dengan menggunakan aplikasi vegas 7 pada maharah kalam dan untuk mengetahui responden siswa pada penggunaan film kartun dengan menggunakan aplikasi vegas 7 pada maharah kalam. Dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket, dan daftar tes yang berkaitan dengan pre test dan post test menggunakan analisis data statistic deskriptif, dan rank test, dengan mrnggunakan SPSS 20. Adapun hasil penelitian adalah pengembangan film kartun dengan menggunakan aplikasi vegas 7 dengan Langkah – Langkah sebagai berikut, potensi masalah pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, , dan produksi massal. penggunaan film kartun saat belajar bahasa arab dengan menggunakan Test Wilcoxon Sign Rank Test menghasilkan nilai tingkat indikasi 0,05, maka menunjukkan bahwa hipotesis A dapat diterima dan hipotesis O mendapatkan hasil. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya respon siswa pada penggunaan film kartun pada maharah kalam menujukkan hasil yang positif 92 sedangkan untuk jawaban negatif dengan total 8, hasil ini menunjukkan bahwa 92 > 8 nilai positif lebih besar dari nilai negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nailis Fitria Sufa
Date Deposited: 07 Oct 2022 02:48
Last Modified: 07 Oct 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23568

Actions (login required)

View Item
View Item