Pengembangan Media Celemek Hitung untuk Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan

Rahma Danti, 170210033 (2022) Pengembangan Media Celemek Hitung untuk Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Celemek Hitung untuk Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan] Text (Pengembangan Media Celemek Hitung untuk Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan)
Rahma Danti, 170210033, FTK, PIAUD, 082251147617.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan terdapat beberapa permasalahan dalam proses kegiatan belajar masih banyak anak yang belum mampu dalam memahami konsep bilangan serta kurangnya penggunaan media konkrit hanya berupa poster sehingga anak mudah bosan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah adalah bagaimana proses pengembangan dan kelayakan media celemek hitung serta bagaimana penerimaan anak dalam penggunaan media celemek hitung pada usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta bagaimana penerimaan anak terhadap media celemek hitung untuk pengenalan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdir idari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan analisis kelayakan media celemek hitung oleh ahli media memperoleh dengan skor persentase 84% termasuk kategori sangat layak, dan ahli materi memperoleh skor persentase 75% dan termasuk kategori layak. Penilaian kelayakan media celemek hitung dari guru memperoleh skor dengan persentase 85%. Kemudian untuk hasil observasi anak berdasarkan hasil dari penilaian dengan jumlah 15 orang anak memperoleh hasil dengan skor persentase 83% termasuk pada kategori sangat layak dan berdasarkan hasil skor yang diperoleh tersebut maka anak dapat menerima penggunaan media celemek hitung untuk pembelajaran konsep bilangan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media celemek hitung layak digunakan dalam proses pembelajaran pengenalan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rahma Danti Rahma
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:09
Last Modified: 10 Oct 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23578

Actions (login required)

View Item
View Item