Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Se Kecamatan Teupah Barat

Sutri Muranda, 170208005 (2022) Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Se Kecamatan Teupah Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Se Kecamatan Teupah Barat] Text (Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Se Kecamatan Teupah Barat)
Sutri Muranda, 170208005, FTK, PKM, 082273727295.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran kimia di SMA Negeri Kecamatan Teupah Barat selama pandemi dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media daring seperti whatsApp, dan zoom. Namun dalam kegiatan pembelajaran siswa mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan guru maupun teman sekelasnya, dan selama pembelajaran daring siswa menjadi kurang aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dan kendala penggunaan media dalam pembelajaran kimia secara daring. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) yaitu gabungan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kimia dan 40 siswa kelas XII-IPA di SMA Negeri Kecamatan Teupah Barat. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket siswa dan lembar wawancara guru. Hasil analisis data angket terhadap keefektifan penggunaan media daring di SMA Negeri 1 sebesar 48,4% dan di SMA Negeri 2 sebesar 58,5%, keduanya termasuk kategori cukup efektif. Selanjutnya hasil analisis data terhadap kendala penggunaan media, persentase yang diperoleh SMA Negeri 1 terhadap kendala aspek biaya sebesar 45% dan aspek minat siswa 40%. Sedangkan di SMA Negeri 2 persentase kendala aspek biaya diperoleh sebesar 55% dan aspek minat siswa sebesar 40%. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media daring dalam pembelajaran kimia selama pandemi di SMA Negeri Kecamatan Teupah Barat termasuk dalam kategori cukup efektif, dengan beberapa kendala yang dialami siswa diantaranya biaya pembelian kuota yang begitu mahal dan kurangnya minat siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Sutri Muranda
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:49
Last Modified: 10 Oct 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23585

Actions (login required)

View Item
View Item