Strategi Komunikasi Samsat Aceh Selatan Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Untuk Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Kamal Rijal, 160401068 (2022) Strategi Komunikasi Samsat Aceh Selatan Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Untuk Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pajak Kendaraan Bermotor] Text (Pajak Kendaraan Bermotor)
Kamal Rijal, 160401068, FDK,KPI, 085222378339.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kadang menjadi persoalan bagi masyarakat, pasalnya selalu pada keterlambatan membayar pajak sehingga dikenakan denda. Di satu sisi, masyarakat sibuk menjalani berbagai aktivitasnya. Belum bagi masyarakat yang tinggal di pelosok desa, dan akses yang cukup jauh untuk melakukan pembayaran di Kantor Samsat Aceh Selatan. Sehingga ada pola-pola strategi komunikasi yang harus dilakukan oleh Samsat sehingga memudahkan mayarakat membayar pajak kendaraan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini juga ingin menjawab strategi komunikasi yang digunakan oleh Samsat Kabupaten Aceh Selatan dalam peningkatan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor, sehingga penerimaan dari pajak dapat meningkatkan pendapatan negara. Tidak hanya itu, pemantauan (monitoring) dan pengawasan (controlling) pelaksanaan strategi komunikasi dalam peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor oleh Samsat juga perlu dilakukan, sehingga keluh kesah masyarakat daerah pedalaman atau jarak tempuh yang jauh dapat disiasati dengan baik. Untuk menemukan jawaban dari permasalahan ini, maka peneliti menggunakan metode kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakandeskritif kualitatif.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi komunikasi Samsat Kabupaten Aceh Selatan dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap peningkatan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dilakukan dengan menggunakan komponen-komponen yang terdapat dalam strategi komunikasi, yaitu dengan menggunakan saluran media massa atau door to door dengan melakukan komunikasi dengan teman, kerabat dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, Samsat juga melakukan sosialisasi ke berbagai tempat untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya membayar pajak. Dalam hal ini diperlukan monitoring dan controlling dengan membuka gerai-gerai agar memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Bahkan Samsat juga menyediakan aplikasi e-samsat sebagai upaya dari menjalankan strategi komunikasi, baik secara internal Samsat maupun wajib pajak, sehingga memudahkan untuk melihat semua aktivitasnya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, strategi komunikasi yang digunakan Samsat Aceh Selatan saat ini cukup baik, dikarenakan semua masukan sudah dilakukan ke berbagai kecamatan yang ada di Aceh Selatan. Bahkan, untuk memudahkan masyarakat membayar pajak, Samsat juga membuka gerai, aplikasi dan kerjasama dengan pihak Bank Aceh sehingga kalau ingin membayar pajak tidak mesti harus dilakukan di kantor Samsat melainkan cukup dengan membayar di tempat-tempat yang telah ditunjuk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kamal Rijal Rijal
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:48
Last Modified: 10 Oct 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23588

Actions (login required)

View Item
View Item