Reaktualisasi Pemikiran Filsafat Islam Pasca Ibn Rusyd

Lukman Hakim, 197506241999031001 (2022) Reaktualisasi Pemikiran Filsafat Islam Pasca Ibn Rusyd. Ushuluddin Publishing, Banda Aceh.

[thumbnail of Peer Review bukuReaktualisasi Pemikiran Filsafat Islam Pasca Ibn Rusyd] Text (Peer Review bukuReaktualisasi Pemikiran Filsafat Islam Pasca Ibn Rusyd)
Editor Buku; Reaktualisasi Pemikiran Filsafat Islam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (399kB)

Abstract

Kekuatan pemikiran filsafat Islam pasca Ibnu Rusyd terus berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat dan isu-isu yang berkembang di zamannya. Bukan hanya berkutat sekitar persoalan metafisika, namun perkembangan filsafat mengarah juga pada diskursus tentang masyarakat sebagaimana yang dikembangkan oleh Ibnu Khaldun.Pembahasan tentang politik dan upaya membersihkan jiwa dari segala bentuk angkara murka agar menjadi manusia yang sempurna, terus menjadi fokus utama para pemikir di dunia Islam. Seiring perjalanan waktu yang membuat begitu banyak perubahan di dunia Islam terutama pasca ekspansi Barat terhadap Islam, para pemikir Islam kembali mengembangkan pemikiran yang mengajak umat Islam melepaskan diri dari sikap jumud, statis terhadap hidup, dan kembali menghidupkan suasana akademi ilmiyah sebagaimana yang telah dirintis oleh para filsuf Islam zaman klasik. Untuk kebutuhan tersebut buku ini juga menyajikan pokok-pokok pemikiran para filsuf Islam yang hidup pada zaman modern dan kontemporer.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:44
Last Modified: 20 Oct 2022 07:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23715

Actions (login required)

View Item
View Item