Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Khiyār dalam Jual Beli Pakaian Thrift Berbasis Online Melalui Platform Instagram (Studi Penelitian di Banda Aceh)

Annisa Raudhya, 170102029 (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Khiyār dalam Jual Beli Pakaian Thrift Berbasis Online Melalui Platform Instagram (Studi Penelitian di Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Khiyār      Dalam  Jual Beli Pakaian Thrift Berbasis Online] Text (Khiyār Dalam Jual Beli Pakaian Thrift Berbasis Online)
Annisa Raudhya, 170102029, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Khiyār dalam jual beli merupakan sebuah hak memilih atau menentukan pilihan bagi pembeli dan penjual untuk melanjutkan atau membatalkan transaksi jual beli. Pemahaman yang kurang mengenai khiyār dapat mengakibatkan tidak berjalannya hak yang semestinya. Salah satu jual beli online yang berlangsung yaitu melalui platform Instagram. Media digital Instagram dijadikan salah satu pilihan untuk melangsungkan transaksi jual beli secara online, yang praktiknya memberikan kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi sesuai dengan kesepakatan yang dikehendaki. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana praktik jual beli pakaian thrift pada platform Instagram, penerapan khiyār dalam jual beli pakaian thrift pada platform Instagram dan tinjauan Hukum Islam terhadap praktik jual beli pakaian thrift secara online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Datanya bersumber dari data primer yang diperoleh di lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ditemukan, transaksi yang telah dilakukan oleh para penjual melalui platform Instagram dilakukan dengan proses yang panjang dimulai dengan proses penyortiran hingga siap untuk dijual. Meskipun penjual hanya mengetahui sebatas bahwa adanya keharusan untuk memenuhi kewajiban atas hak pilih bagi pembeli, mereka sebisa mungkin menerapkannya dalam transaksi yang dilakukan. Mereka mengedepankan atas rasa saling ridha dalam melakukan jual beli sehingga pemenuhan hak dan kewajiban oleh penjual serta pembeli semestinya bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan tuntunan agama Islam. Penerapan khiyār yang telah dilakukan dalam transaksi tersebut dapat digolongkan kedalam khiyār syarat, khiyār aib, khiyār ta’yin, dan khiyār ru’yah. Dan dapat disimpulkan bahwa kesepakatan yang telah dibuat penjual dan disetujui oleh pembeli merupakan hasil keputusan bersama dan sama-sama saling ridha atas kekurangan dari pakaian thrift yang menjadi objek transaksi tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa Raudhya Annisa
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:44
Last Modified: 18 Oct 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23819

Actions (login required)

View Item
View Item