Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Etika Bisnis Islami Terhadap Perilaku Pedagang Muslim (Studi Pedagang Pasar Rukoh Kota Banda Aceh)

Cut Nadia Agustin, 17060204 (2021) Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Etika Bisnis Islami Terhadap Perilaku Pedagang Muslim (Studi Pedagang Pasar Rukoh Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Etika Bisnis Islami Terhadap Perilaku Pedagang Muslim (Studi Pedagang Pasar Rukoh Kota Banda Aceh)] Text (Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Etika Bisnis Islami Terhadap Perilaku Pedagang Muslim (Studi Pedagang Pasar Rukoh Kota Banda Aceh))
Cut Nadia Agustin, 170602046, FEBI, ES, 082361338577.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan pengetahuan etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang Muslim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan populasi 55 pedagang sembako dipasar Rukoh, Banda Aceh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran angket/kuesioner kepada responden. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji analisis linier berganda, uji asumsi klasik, uji T dan uji F dan untuk mengetahui kontribusi variabel dependen terhadap variabel independen dengan menggunakan uji detreminasi (adjusted R2) . Hasil dari analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku distribusi pedagang Muslim dengan nilai T-hitung sebesar -2,223 dengan probabilitas signifikansi 0,31, sementara pengetahuan etika bisnis Islami juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pedagang Muslim. Hal ini dapat dilihat dari T-hitung sebesar 7,377 dengan probabilitas signifikansi 0,000. Sedangkan secara simultan Religiusitas dan pengetahuan etika bisnis Islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pedagang Muslim dipasar Rukoh, Banda Aceh. Hal ini terbukti dan dapat dilihat dari nilai F-hitung sebesar 27,689 dengan probabilitas signifikansi 0,000. Hasil koefesien Determinasi (R2) 0.516 menunjukkan pengaruh religiusitas dan pengetahuan etika bisnis Islami terhadap perilaku distribusi pedagang Muslim Rukoh, Banda Aceh sebesar 51,6% dan sisanya sebesar 48,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Nadia Agustin Cut
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:15
Last Modified: 19 Oct 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23841

Actions (login required)

View Item
View Item