Pengembangan Buku Bahasa Arab dengan Media Video Arab Bertema Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Berbicara

Novia Rizzatul, 191004007 (2022) Pengembangan Buku Bahasa Arab dengan Media Video Arab Bertema Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Berbicara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Buku Bahasa Arab dengan Media Video Arab Bertema Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Berbicara] Text (Pengembangan Buku Bahasa Arab dengan Media Video Arab Bertema Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Keterampilan Berbicara)
Novia Rizzatul, 191004007, PS, PBA, 082360951335.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas VIII Mts di Dayah Jeumala Amal, peneliti menemukan keadaan bahwa proses belajar mengajar pelajaran bahasa arab menggunakan buku bahasa arab berdasarkan kurikulum KMA 183, dan belum ada media pembelajaran yang menarik untuk menunjang proses pembelajaran bahasa arab. Sehingga fenomena yang telihat dari hasil pembelajaran, siswa kurang perhatian dan lemahnya kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara disebabkan karena mereka tidak membiasakan berbicara menggunakan bahasa arab. Dan sebagian dari mereka merasakan bosan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah di atas penulis ingin mengembangkan buku bahasa arab dengan menggunakan video arab bertema untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengembangan buku, untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media video arab bertema dan untuk mengetahui pengaruh media video arab bertema untuk kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari lima langkah, analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Dan intrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Peneliti menggunakan aplikasi spss dalam mengolah data. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan buku bahasa arab dengan media video arab layak digunakan, hasil responden siswa terhadap pengembangan media video arab sangat baik dan hasil tes pengembangan media video arab efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam keterampilan berbicara .Hasil yang diperoleh jika nilai signifikan lebih dari > 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan dari hasil t-tes menyatakan nilai signikan 0,05 > 0,00, ini menunjukkan bahwa penggunaan media video arab bertema efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Novia Rizzatul Novia
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:01
Last Modified: 20 Oct 2022 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23877

Actions (login required)

View Item
View Item