Penerapan Tari Kreasi Top Pade untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Qurratul’Uyun Barat Daya Aceh Selatan

Srikandi Arifa, 170210061 (2022) Penerapan Tari Kreasi Top Pade untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Qurratul’Uyun Barat Daya Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Tari Kreasi Top Pade untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Qurratul’Uyun Barat Daya Aceh Selatan] Text (Penerapan Tari Kreasi Top Pade untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Qurratul’Uyun Barat Daya Aceh Selatan)
Srikandi Arifa, 170210061, FTK, PIAUD, 082166713725.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan menggerakkan seluruh tubuh untuk mengeskpreasikan ide dan perasaan (menari). Semua anak memiliki kecerdasan kinestetik begitu juga di TK Qurratul’Uyun akan tetapi ada beberapa anak mulai berkembang dalam menggerakkan tubuh sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan tari kreasi top pade untuk meningkatkan kecerdasan kinstetik anak di TK Qurratul’Uyun Barat Daya Aceh Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimen dengan pre-test dan post-test one group design, populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas B yang berjumlah 10 peserta didik yang menjadi kelas eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa lembar observasi penilaian dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai peserta didik sebelum dan sesudah pemberian treatment pada gerakan tangan, kaki dan kepala karena p-value uji ketiga perbandingan pretest dan posttest yaitu sebesar 0,000. P-value tersebut yang lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi) sehingga kesimpulan uji adalah bahwa terdapat perbedaan nilai peserta didik sebelum dan sesudah pemberian treatment pada gerakan tangan, kaki dan kepala pada taraf signifikansi (α=0,05). Jadi penerapan tari kreasi top pade dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Srikandi Arifa Srikandi
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:05
Last Modified: 24 Oct 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23932

Actions (login required)

View Item
View Item