Hubungan Lingkungan Masyarakat Dengan Pembentukan Akhlak Anak Di Desa Garot Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar

Mohd. Akmal, 180201131 (2022) Hubungan Lingkungan Masyarakat Dengan Pembentukan Akhlak Anak Di Desa Garot Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Lingkungan Masyarakat Dengan Pembentukan Akhlak Anak Di Desa Garot Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar] Text (Hubungan Lingkungan Masyarakat Dengan Pembentukan Akhlak Anak Di Desa Garot Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar)
Mohd. Akmal, 180201131, FTK, PAI, 082367164683.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan lingkungan masyarakat dengan pembentukan akhlak anak di desa Garot Kecamatan Darul Iamarah Aceh Besar. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif (Mixed Methode). sampel pada penelitian ini adalah Masyarakat di Desa Garot Kec. Darul Imarah berjumlah 95 orang. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan untuk mendapatkan data yang objektif dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan masyarakat dengan pembentukan akhlak anak. Semakin baiknya lingkungan masyarakat maka semakin baik pula akhlak anak di Desa Garot Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar dan sebaliknya, semakin buruknya lingkungan masyarakat maka semakin buruk pula akhlak anak di Desa Garot Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar. Dalam penelitian ini hubungan tersebut tergolong dalam kategori sedang berdasarkan hasil penelitian sebesar (39,63%). Bentuk hubungan antara lingkungan masyarakat dengan pembentukan akhlak di Desa Garot ada dua yaitu hubungan sosial asosiatif yang terdiri dari Kerjasama dan Akomodasi, serta bentuk hubungan social disosiatif yaitu persaingan. Faktor penghambat dalam pembentukan akhlak anak di Desa Garot yaitu masih banyak orang tua yang kurang mendukung pembentukan akhlak anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohd. Akmal Akmal
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:07
Last Modified: 24 Oct 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23935

Actions (login required)

View Item
View Item