Ar-Risa’u Fi Qasidah “Min Ardi As-Sarabi Ba’da Sanawatin Salasin” Li Aminah Qutb (Dirasah SimiyyaIyyah)

Nurul Husna, 180502003 (2022) Ar-Risa’u Fi Qasidah “Min Ardi As-Sarabi Ba’da Sanawatin Salasin” Li Aminah Qutb (Dirasah SimiyyaIyyah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Ar-Risa’u Fi Qasidah “Min Ardi As-Sarabi Ba’da Sanawatin Salasin” Li Aminah Qutb (Dirasah SimiyyaIyyah)] Text (Ar-Risa’u Fi Qasidah “Min Ardi As-Sarabi Ba’da Sanawatin Salasin” Li Aminah Qutb (Dirasah SimiyyaIyyah))
Nurul Husna, 180502003, FAH, BSA, 082267538083.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Ar-Risa’u Fi Qasidah “Min Ardi As-Sarabi Ba’da Sanawatin Salasin” Li Aminah Qutb (Dirasah SimiyyaIyyah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui semiotika ratapan pada qasidah “Min Ardhis Sarab Ba’da Sanawati tsalas”. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan teori semiotik Michael Riffaterre. Adapun hasil yang di peroleh dari penelitian yaitu: (1) pembacaan Heuristik yaitu pembacaan untuk memahami puisi tanpa konteks sastra, (2) Pembacaan Hermeunitik yaitu pembacaan dengan penafsiran dan penafsiran sesuai dengan konteks tuturan, (3) ketidaklangsungan ekspresi yaitu metafora, alegori, personifikasi dan paradoks. (4) matriks yaitu ratapan. (5) model yaitu ratapan atas kesedihan mendalam, kesepian dan kerinduan. (6) varian yaitu bait-bait yang terkait dengan model dan (7) hipogram yaitu latar penciptaan puisi ini yakni kondisi psikologis sang penyair (Aminah Qutb) yang merupakan salah seorang anggota “Ikhwanul Muslimin” yang tertekan karena kematian suaminya dan kondisi sosial pada masa itu karena adanya penganiayaan dari rezim pemerintah mesir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurul Husna
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:53
Last Modified: 31 Oct 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item
View Item