Pengaruh Suluk Sebagai Wadah Bimbingan Pribadi Dalam Membentuk Karakter Siswa MAN Dayah Darul Aman Aceh Besar

Khairunnisa, 180213078 (2022) Pengaruh Suluk Sebagai Wadah Bimbingan Pribadi Dalam Membentuk Karakter Siswa MAN Dayah Darul Aman Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Suluk Sebagai Wadah Bimbingan Pribadi     Dalam Membentuk Karakter Siswa MAN Dayah Darul Aman Aceh Besar] Text (Pengaruh Suluk Sebagai Wadah Bimbingan Pribadi Dalam Membentuk Karakter Siswa MAN Dayah Darul Aman Aceh Besar)
Khairunnisa, 180213078, FTK, BK, 082370179433.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Bimbingan pribadi merupakan pelayanan yang digunakan untuk membantu siswa memperbaiki karakter dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, mantap dan mandiri serta sehat jasmani dan rohani. Berbeda dengan sekolah lainnya di MAN Dayah Darul Aman, memiliki bimbingan pribadi versi dayah yaitu Suluk. Salah satu permasalahan yang sedang terjadi di MAN Dayah Darul Aman adalah masih kurangnya siswa yang berkarakter baik khususnya siswa kelas X MAN Dayah Darul Aman yaitu sering bolos kelas tidak mengerjakan PR, ada yang sering berbohong dan tidak mau jujur meskipun sudah dipaksa, sehingga saat ditegur oleh guru bimbingan dan konseling siswa ada yang marah, menyendiri dan menangis. Penyebab karakter siswa kelas X MAN Dayah Darul Aman cenderung tidak baik dikarenakan tidak sanggup menguasai pembelajaran dalam waktu bersamaan, yakni pagi sekolah malam pengajian dayah. Rumusan Masalah dalam penelitian peneliti adalah bagaimana karakter siswa, bagaimana pelaksanaan bimbingan pribadi dan bagaimana pengaruh suluk sebagai wadah bimbingan pribadi dalam membentuk karakter siswa MAN Dayah Darul Aman. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X MAN setelah melakukan suluk menjadi pribadi berkarakter lebih baik dari seblumnya. dikarenakan suluk berarti mendekatkan diri kepada Allah. ketika siswa sedang melakukan suluk, maka siswa sedang memperbaiki karakter, karena salah satu nilai karakter adalah menjaga hubungan baik dengan Tuhan-Nya dan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Khairunnisa Khairunnisa
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:30
Last Modified: 03 Nov 2022 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24089

Actions (login required)

View Item
View Item