Peran Wali Kelas Dalam Mendesain Ruang Belajar Di MIN 7 Aceh Besar

Zainab, 180206083 (2022) Peran Wali Kelas Dalam Mendesain Ruang Belajar Di MIN 7 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Wali Kelas Dalam Mendesain Ruang Belajar Di MIN 7 Aceh Besar] Text (Peran Wali Kelas Dalam Mendesain Ruang Belajar Di MIN 7 Aceh Besar)
Zainab, 180206083, FTK, MPI, 085275263234.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Wali kelas memiliki kedudukan sebagai pimpinan menengah, mitra siswa, mitra orang tua dan mitra guru bidang studi dalam suatu instansi pendidikan. Oleh karena itu wali kelas sangat berperan penting dalam menggerakkan, mengkoordinasikan, membimbing, mendesain dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam rung belajar, sehingga terciptalah ruang belajar yang disiplin dan kondusif baik dalam proses belajar mengajar maupun diluar proses belajar mengajar. Oleh karena itu wali kelas dituntut untuk merencanakan strategi yang dapat digunakan dalam mendesain ruang belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan kendala serta tanggapan siswa pada hasil desain ruang belajar di MIN
7 Aceh Besar. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, 3 orang guru wali kelas, 3 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru wali kelas dalam mendesain ruang belajar yaitu, pertama dengan cara menempel pajangan-pajangan kelas di dinding berupa roster pelajaran, daftar piket kelas, materi-materi belajar siswa. Pengaturan tempat duduk yang diterapkan model konferensi, model tradisional, leter U, model kelompok dan penataan perabot kelas. Kedua kendala yang dihadapi guru wali kelas dalam mendesain ruang belajar yaitu kurangnya keuangan sekolah, kurangnya skill guru wali kelas dalam mendesain serta adanya siswa yang tidak ikut aturan dalam mendesain ruang belajar. Ketiga dampak siswa terhadap hasil ruang belajar terdapat siswa yang nyaman dan kurang nyaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zainab Zainab
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:34
Last Modified: 07 Nov 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24126

Actions (login required)

View Item
View Item