Pengembangan Buku Cinta Berbahasa Arab Dengan Peta Konsep Pada Qawaid (Studi Research And Development (R&D) Di SDIT Blang Krueng)

Nurul Muna, 191004015 (2022) Pengembangan Buku Cinta Berbahasa Arab Dengan Peta Konsep Pada Qawaid (Studi Research And Development (R&D) Di SDIT Blang Krueng). Other thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab.

[thumbnail of Pengembangan Buku Cinta Berbahasa Arab Dengan Peta Konsep Pada Qawaid (Studi Research And Development (R&D) Di SDIT Blang Krueng)] Text (Pengembangan Buku Cinta Berbahasa Arab Dengan Peta Konsep Pada Qawaid (Studi Research And Development (R&D) Di SDIT Blang Krueng))
Nurul Muna,191004015, PBA, Pascasarjana, 02160006050.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Permasalahan dalam tesis ini adalah peneliti menemukan kelemahan di buku ini yaitu penjelasan tentang qawaidnya kurang menarik, karena di dalam penjelasan qawaid itu tidak terdapat gambar sehingga menyebabkan siswa bosan ketika belajar. Dan di dalamnya tidak terdapat peta konsep sehingga siswa cepat lupa dengan apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang qawaid. Dan berdasarkan observasi dan wawancara, yang telah dilakukan peneliti dengan guru dan murid di sekolah ini, peneliti mengetahui bahwa pemahaman siswa tentang qawaid itu kurang, dan itu terlihat ketika siswa menjawab soal yang terdapat qawaid mereka tidak mampu menjawab dan tidak bisa memahaminya. Dan ada salah seorang siswa yang membuat peta konsep sendiri sebelum menjawab soal agar mudah mengubah fiil madhi sesuai dhamirnya. Jadi berdasarkan hasil observasi pertama yang dilakukan oleh peneliti sebelum mengembangkan buku, peneliti menemukan bahwa siswa di sekolah ini membutuhkan penjelasan yang jelas, sederhana, dan berwarna tentang qawaid dengan peta konsep, untuk menguatkan ingatan mereka. Dan tujuan dari penelitian ini ada dua yaitu untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan buku cinta berbahasa arab dengan peta konsep pada materi qawaid, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan peta konsep dalam membantu siswa untuk memahami materi qawaid di buku Cinta Berbahasa Arab. Dan adapun mtode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah research and development. Dan untuk mengumpulkan data peneliti melakukan wawancara, pre-tes post-tes, dan observasi. sampelnya peneliti memilih siswa kelas lima dengan jumlah 26 siswa. Dan adapun hasil penelitian yang diperoleh peneliti dengan menggunakan SPSS, menunjukkan bahwa nilai tes t dengan tingkat signifikan yaitu 0,00 < 0,05, dan ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya bahwa penggunaan buku Cinta Berbahasa Arab dengan peta konsep efektif untuk meningkatkan nilai siswa dalam belajar qawaid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurul Muna
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:54
Last Modified: 08 Nov 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24134

Actions (login required)

View Item
View Item