Dampak Beban Kerja pada Anak terhadap Perkembangan Prestasi Anak (Studi Kasus di Gampong Koto Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan)

Habibul Jamadi, 170404004 (2022) Dampak Beban Kerja pada Anak terhadap Perkembangan Prestasi Anak (Studi Kasus di Gampong Koto Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak beban kerja pada anak] Text (Dampak beban kerja pada anak)
Habibul Jamadi, 170404004, FDK, PMI, 085370450247.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Prestasi anak dapat terhambat apabila anak terlibat dengan perilaku yang membuat mereka mengabaikan pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dampak pemberian beban kerja terhadap prestasi anak di gampong Koto Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan. 2) mengetahui perkembangan prestasi anak setelah bekerja di gampong Koto Kluet Tengah Aceh Selatan. 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan prestasi anak di gampong Koto Kluet Tengah Aceh Selatan. Sebagai penelitian kualitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian didapatkan bahwa 1) Pemberian beban kerja kepada anak dapat mempengaruhi prestasi anak dalam kegiatan belajar. 2) Perkembangan prestasi anak setelah bekerja di Gampong Koto menurun. Hal itu dikarenakan anak-anak yang bekerja di gampong Koto tidak dapat membagi waktu antara belajar dengan bekerja. 3) Faktor pendukung meningkatnya prestasi seorang anak adalah faktor motivasi dari diri anak itu sendiri untuk belajar, faktor pemenuhan kebutuhan anak, faktor psikologis anak, faktor keluarga dan faktor guru. Sedangkan untuk faktor penghambat prestasi anak adalah kurangnya belajar, faktor ekonomi atau kurangnya kebutuhan ekonomi keluarga, dan kurangnya motivasi yang diberikan kepada anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Habibul Jamadi Habibul
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:01
Last Modified: 08 Nov 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24143

Actions (login required)

View Item
View Item