Perancangan Islamic Center Kota Langsa (Pendekatan Arsitektur Islam)

Syawal, 160701042 (2021) Perancangan Islamic Center Kota Langsa (Pendekatan Arsitektur Islam). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Arsitektur Islam] Text (Arsitektur Islam)
Syawal, 160701042, FST,ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33MB)

Abstract

Perancangan Islamic Center Kota Langsa dilatarbelakangi karena belum adanya fasilitas yang kompleks dan memadai untuk dijadikan suatu tempat atau wadah yang dapat medukung proses peribadatan, pendidikan dan pelatihan bagi umat Islam di Kota Langsa. Oleh karena itu, perancangan Islamic Center ini diharapkan mampu untuk menyelesaikan persoalan yang ada guna untuk menjadikan muda mudi Aceh khususnya Kota Langsa dapat berkembang sesuai dengan ajaran Islam. Kalsifikasi yang dipilih dalam perancangan Islamic Center merujuk pada klasifikasi Islamic Center tingkat kabupaten dengan penerapan tema Arsitektur Islam yang merepresentasikan sebuah perancangan tidak hanya mengarahkan umat Islam untuk mengingat Allah SWT, melainkan dapat membentuk ukhuwah serta keselarasan dengan alam.
Luasan lahan dalam perancangan Islamic Center Kota Langsa sebesar 27,000 m2 / 2,7 Ha dengan massa utama yang dirancang sebanyak dua buah massa bangunan sehingga meliputi beberapa fasilitas seperti masjid yang menjadi fasilitas utama Islamic Center, kantor pengelola, pusat pembinaan, pengembangan dan penelitian, perpustakaan, pusat konsultasi keIslaman, ruang pertemuan, kantin/koperasi, asrama, pos keamanan, servis dan area parkir. Pembentukan fasilitas tersebut berdasarkan analisis-analisis yang telah dilakukan seperti analisis tapak, pengguna dan utilitas bangunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Syawal Syawal
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:07
Last Modified: 10 Nov 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24167

Actions (login required)

View Item
View Item