Faktor Penurunan Minat Masyarakat dalam Menonton Televisi (Studi Pada Masyarakat Desa Bayu, Ke. Darul Imarah, Kec. Aceh Besar)

Wilda Sofia, 180401051 (2022) Faktor Penurunan Minat Masyarakat dalam Menonton Televisi (Studi Pada Masyarakat Desa Bayu, Ke. Darul Imarah, Kec. Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor Penurunan Minat Masyarakat dalam  Menonton Televisi] Text (Faktor Penurunan Minat Masyarakat dalam Menonton Televisi)
Wilda Sofia, 180401051, FDK, KPI, 085280776110.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Di era perkembangan teknologi, media massa terus melahirkan perubahan bagi media-media baru yang dapat menyaingi televisi. Hasil survey Nielsen pada tahun 2019 menunjukkan bahwa terjadi penurunan terhadap penonton televisi sekitar 2-5%. Faktor yang memepengaruhi minat menonton menurut De Fluer yaitu durasi siaran, Frekuensi siaran, dan program siaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa besar pengaruh faktor durasi siaran, program siaran, serta frekuensi siaran dalam mempengaruhi minat menonton masyarakat. Hipotesis dalam penelitian ini dimana terdapat pengaruh durasi siaran, frekuensi siaran, dan program siaran terhadap penurunan minat menonton masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis presentase. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang digunakan (Durasi siaran, Frekuensi siaran, Program siaran) berpengaruh terhadap penurunan minat menonton televisi masyarakat Gampong Bayu, Kecamatan Darul Imarah sebesar 79,41%. Frekuensi berpengaruh dikarenakan jadwal tayang siaran televisi yang tidak sesuai dengan waktu audiens. Kemudian durasi siaran yang cenderung terlalu singkat dibandingkan dengan commercial break, sehingga membuat minat menonton masyarakat menurun. Program siaran yang kurang mendidik dan kurang informatif menjadikan masyrakat kurang tertarik untuk menonton televisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wilda Sofia Wilda
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:01
Last Modified: 14 Nov 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24210

Actions (login required)

View Item
View Item