Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Pada Ketrampilan Berbicara

Siti Zumira, 160202005 (2022) Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Pada Ketrampilan Berbicara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Pada Ketrampilan Berbicara] Text (Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi Pada Ketrampilan Berbicara)
Siti Zumira, 160202005, FTK, PBA, 082340974839.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Keterampilan berbicara adalah salah satu seni dalam berbahasa. Keterampilan berbicara membutuhkan banyak praktek yang berkelanjutan agar informasi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh lawan bicara. Namun kenyataannya, murid di tempat penelitian ini tidak dapat berbicara bahasa arab dengan baik, karena mereka lemah dalam menyusun kata menjadi kalimat yang sesuai dengan pola bahasa arab yang benar, mereka memiliki kosakata yang banyak, akan tetapi mereka tidak memahami makna dari kosakata tersebut, hal ini membuat kemampuan mereka dalam berbahasa arab menjadi menurun. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penggunaan metode peer teaching dalam meningkatkan kemampuan siswi terhadap ketrampilan berbicara, serta untuk mengetahui respon mereka terhadap penerapan metode peer teaching. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi ini adalah One Group Pretest- Postes Design, serta pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswi kelas 2 (A) dengan jumlah 28 siswi. Dan metode yang dipakai oleh peneliti dalam mengumpulkan data adalah metode Pre-test dan Post-test. Maka dengan menggunakan kedua intrumen tersebut akhirnya peneliti mendapatkan hasil bahwa, proses belajar mengajar melalui penerapan Metode Peer Teaching memperoleh hasil yang memuaskan, hal ini dibuktikan dengan nilai (T-test) lebih kecil dari pada (T-table) (.000 lebih kecil dari 0.005). Keberhasilan yang diperoleh guru 98.3% dan keberhasilan yang diperoleh murid 91.6%. Maka kesimpulannya adalah, penggunaan Metode Peer Teaching untuk meningkatkan kemampuan siswi terhadap ketrampilan berbahasa berhasil di terapkan untuk siswa kelas 2 MAN 1 Boarding School Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Zumira
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:51
Last Modified: 17 Nov 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24279

Actions (login required)

View Item
View Item