Persepsi Keturunan Habib Terhadap Pernikahan Antara Syarifah dengan Lelaki Bukan Sayyid (Studi Pada Keturunan Habib Muda Seunagan Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya)

Nanda Saputra Pane, 160101099 (2022) Persepsi Keturunan Habib Terhadap Pernikahan Antara Syarifah dengan Lelaki Bukan Sayyid (Studi Pada Keturunan Habib Muda Seunagan Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keturunan Habib] Text (Keturunan Habib)
Nanda Saputra Pane, 160101099, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pernikahan antara syarifah dengan lelaki bukan sayyid selama ini memberikan pandangan yang beragam dalam masyarakat, dimana masyarakat tidak membenarkan adanya pernikahan antara keturunan Nabi Muhammad Saw dengan bukan keturunan Rasulullah. Namun, keturunan habib sebagai bagian garis keturunan Nabi Muhammad Saw tentu memiliki persepsi tersendiri dalam hal pernikahan antara syarifah dengan lelaki bakan sayyid. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi keturunan habaib terhadap pernikahan antara syarifah dengan lelaki bukan sayyid di Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya dan faktor yang mempengaruhi persepsi keturunan habaib terhadap pernikahan antara syarifah dengan lelaki bukan sayyid di Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode lapangan, pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian diketahui persepsi keturunan Habib Muda Seunagan terhadap pernikahan antara syarifah dengan lelaki bukan sayyid di Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya diperbolehkan selama memenuhi syarat dan rukun dalam pernikahan itu sendiri. Faktor yang mempengaruhi persepsi keturunan Habib Muda Seunagan terhadap diperbolehkannya pernikahan antara syarifah dengan lelaki bukan sayyid di Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya ialah tidak merusak keturunan dari syarifah, tidak adanya larangan dalam Islam serta tidak ada juga larangan dari keturunan Habib Muda Seunagan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Nanda Saputra Pane Nanda
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:34
Last Modified: 18 Nov 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24291

Actions (login required)

View Item
View Item