Penggunaan Kartu Gambar Dengan Metode Munaqasyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Penguasaan Mufradat Penelitian Eksperiment Di MTsN 2 Aceh Besar.

Fatimah Az-Zahra, 180202082 (2022) Penggunaan Kartu Gambar Dengan Metode Munaqasyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Penguasaan Mufradat Penelitian Eksperiment Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Kartu Gambar Dengan Metode Munaqasyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Penguasaan Mufradat Penelitian Eksperiment Di MTsN 2 Aceh Besar.] Text (Penggunaan Kartu Gambar Dengan Metode Munaqasyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Penguasaan Mufradat Penelitian Eksperiment Di MTsN 2 Aceh Besar.)
Fatimah Az-Zahra, 180202082, PBA, 085275424615.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kosa kata merupakan unsur penting untuk memahami bahasa arab. Peneliti telah melakukan pengamatan selama praktek pengalaman lapangan, masalah yang peneliti temukan di sekolah MTsN 2 Aceh Besar adalah siswa banyak tidak menyukai bahasa arab sehingga penguasaan kosa kata dikalangan siswa sangat rendah dan menganggap menghafal kosa kata itu sulit dan mareka juga susah untuk berbicara dan guru disini belum pernah menerapkan media bersamaan dengan metode sedangkan faktor lainnya mareka tamatan dari sekolah yang berbeda beda. Oleh karena itu, peneliti mengangkat judul ini untuk mencoba menerapkan kartu gambar dengan metode munaqasyah dalam menguasai mufradat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan kartu gambar dengan metode munaqasyah untuk mengetahui respon siswa setelah belajar menggunakan kartu gambar dengan metode munaqasyah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 2 Aceh Besar dengan jumlah siswa 655 dan sampelnya adalah kelas (VII/1) yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitiannya menggunakan eksperimen dengan desain one grup- pretes postes design dan untuk pengumpulan datanya menggunakan pre-tes dan post-tes serta angket. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa Ha diterima dan H0 di tolak yang buktinya dapat dilihat dengan hasil uji Wilcoxon Sign Rink Test dengan tingkat signifikasi (Asymp.sig. 2-Tailed) (0,000>0,05) sedangkan penggunaan kartu gambar dengan metode munaqasyah dalam proses belajar mendapatkan respon positif dari siswa dengan bukti respon positif lebih tinggi dibandingkan respon negatif dengan hasil 98% <2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fatimah Az-Zahra
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:33
Last Modified: 18 Nov 2022 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24292

Actions (login required)

View Item
View Item