Pelestarian Kanal Benteng Indrapatra Di Gampong Ladong Aceh Besar

Riski Aulia, 180501046 (2022) Pelestarian Kanal Benteng Indrapatra Di Gampong Ladong Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pelestarian Kanal Benteng Indrapatra Di Gampong Ladong Aceh Besar] Text (Pelestarian Kanal Benteng Indrapatra Di Gampong Ladong Aceh Besar)
Riski Aulia, 180501046, FAH, SKI, 082269396954.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelestarian kanal benteng Indrapatra di Gampong Ladong Aceh Besar”. Penelitian dilakukan di komplek benteng Indrapatra Gampong Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Karya ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kanal benteng Indrapatra, menjelaskan kanal benteng Indrapatra perlu dilestarikan, dan upaya pelestarian kanal benteng Indrapatra. Kajian ini mengunakan metode penelitian Arkeologi yang bersifat deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi, serta teknik analisis data yaitu mengikuti analisis arkeologi yang terbagi atas tiga aspek yaitu analisis morfologi, teknologi, dan analisis kontekstual. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Kompleks Benteng Indrapatra merupakan bangunan peninggalan kerajaan Hindu di Aceh yang dibangun oleh raja Harsya yang melarikan diri dari India akibat serangan bangsa Huna tahun 604 H. Di dalam Komplek Benteng Indrapatra terdapat kanal atau saluran air yang berfungsi sebagai pengontrol aliran air saat banjir. Kajian teknis Arkeologi ditemukan bahwa kondisi kanal yang sebagian besarnya tertutup tanah, setelah dilakukan ekskavasi pada Agustus 2021, kondisi kanal mengalami kerusakan  70-80 %. Bentuk kerusakan berupa patah, retak, runtuh, melesak bahkan bergeser pada kedudukanya. Maka dari itu penulis berharap kepada pemerintah dan masyarakat setempat agar struktur kanal benteng Indrapatra dapat dilestarikan serta dirawat supaya struktur tetap menjadi eksis di masyarakat. Pelestarian kanal Benteng Indrapatra dapat menjadi sebuah destinasi bagi wisatawan dalam dan luar negeri, serta menjadi ilmu yang bermanfaat terhadap generasi akan datang dalam bidang ilmu sejarah, arkeologi, dan kebudayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Riski Aulia
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:39
Last Modified: 24 Nov 2022 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24372

Actions (login required)

View Item
View Item