Strategi Komunikasi Baitul Mal Banda Aceh dalam Mengoptimalkan Pengumpulan Zakat

Menthari Rahayu, 411307123 (2018) Strategi Komunikasi Baitul Mal Banda Aceh dalam Mengoptimalkan Pengumpulan Zakat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Zakat]
Preview
Text (Membahas Tentang Zakat)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Baitul Mal Banda Aceh dalam Mengoptimalkan Pengumpulan Zakat”.Baitul Mal Merupakan suatu lembaga amil zakat yang dibentuk oleh pemerintahan yang berkewajiban untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat kepada pihak yang telah ditetapkan dalam Syariat Islam. Namun di balik semua itu masalah yang sering dihadapi dalam pengumpulan zakat adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam menunaikan zakat. Oleh karena itu sosialisasi menjadi kunci utama agar masyarakat memahami tata cara pembayarannya, maka Baitul Mal Banda Aceh menggunakan Straregi komunikasi dalam memberi pemahaman kepada masyarakat. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana strategi komunikasi Baitul Mal Banda Aceh dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi Baitul Mal Banda Aceh dalam menerapkan strategi komunikasi. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Baitul Mal Banda Aceh dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Baitul Mal Banda Aceh dalam menerapkan strategi komunikasi. Di dalam membahas penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan mewawancarai kepala beserta Staf karyawan Baitul Mal Kota Banda Aceh. Dari penelitian yang dilakukan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa Baitul Mal Kota Banda Aceh dalam melakukan sosialisasi menggunakan berbagai pendekatan, baik kalangan dari Pemerintahan maupun Swasta, serta para pedagang yang ada di Kota Banda Aceh. Strategi awal yang dilakukan Baitul Mal Kota Banda Aceh adalah mengenali sasaran komunikasi, kemudian menyebarkan informasi melalui media, serta dengan menggunakan metode informatif, edukatif, dan persuasif, agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana melakukan pembayaran zakat pada lembaga Baitul Mal Banda Aceh, kendala yang dihadapi dalam melaksakan sosialisasi adalah Kurangnya kesadaran masyarakat, tidak semua masyarakat dapat disosialisasi, regulasinya belum kongkrit dan koordinasi antara Baitul Mal provinsi dengan Baitul Mal Kota belum optimal artinya masih ada tumpang tindih antara kedua lembaga ini. Kesimpulannya adalah pelaksanaan sosialisasi wajib zakat oleh Lembaga Baitul Mal sudah diupayakan namun belum maksimal dalam pelaksanaannya dikarenakan ada faktor internal dan ekternal Lembaga Baitul Mal Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Syukri Syamaun, M.Ag 2. Fakhruddin, S. Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Baitul Mal, Optimalisasi, Pengumpulan, zakat
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.142 Zakat Mal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Menthari Rahayu
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:24
Last Modified: 07 Feb 2018 08:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item
View Item