Penggunaan Media Movie Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Banda Aceh

Innayatul Husni, 180213072 (2022) Penggunaan Media Movie Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Movie Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI di SMA  Negeri 11 Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Movie Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Banda Aceh)
Innayatul Husni, 180213072, FTK, BK, 082237924373.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kejenuhan belajar merupakan suatu kondisi mental dan fisik dimana seorang siswa mengalami rasa bosan, timbulnya rasa malas sehingga siswa tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas dalam belajar. Namun yang terjadi pada siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh terdapat siswa yang mengalami kelelahan emosional, kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi. Salah satu alternatif yang dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa dengan menggunakan media teknologi berupa media-media pembelajaran menggunakan media movie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media movie dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa yang mengalami kejenuhan belajar. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 199 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media movie dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa ditunjukkan dari hasil uji hipotesis yaitu sig 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media movie dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Innayatul Husni Innayatul
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:50
Last Modified: 24 Nov 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24380

Actions (login required)

View Item
View Item