Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Getaran dan Gelombang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kuala

Nur Ramlah, 251222813 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Getaran dan Gelombang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kuala. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan hasil belajar pada materi getaran dan gelombang]
Preview
Text (Membahas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan hasil belajar pada materi getaran dan gelombang)
Nur Ramlah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat, mengingat belum pernah diterapkannya model pembelajaran Problem Solving di SMPN 6 kuala pada materi getaran dan gelombang, maka telah dilakukan penelitian tentang penerapan model Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang di SMPN 6 Kuala. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII SMPN 6 Kuala dengan diterapkan model pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain Pra-eksperimen On Group Pretest-Postes Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 26 siswa. Data yang dikumpulkan melalui tes. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Solving yaitu 76,30 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa tanpa diajarkan dengan model pembelajaran Problem Solving yaitu 63,76. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu thitung > t1-α (10,78>1,71) yang artinya dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Solving pada matri getaran dan gelombang dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 6 Kuala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Soewarno, S, M.Si; NIP. 195609131985031003; 2. Jufprisal,M. Pd; NIP. 198307042014111001
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar, Materi Getaran dan Gelombang
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusrawati Yusrawati
Date Deposited: 08 Aug 2017 09:09
Last Modified: 08 Aug 2017 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item
View Item