Komitmen Pemerintah Desa Dalam Implementasi Qanun Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak Di Kabupaten Pidie

Fakhril Rizki, 170802061 (2022) Komitmen Pemerintah Desa Dalam Implementasi Qanun Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak Di Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan.

[thumbnail of Komitmen Pemerintah Desa Dalam Implementasi Qanun Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak Di Kabupaten Pidie] Text (Komitmen Pemerintah Desa Dalam Implementasi Qanun Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak Di Kabupaten Pidie)
Fakhril Rizki 170802061 FISIP, IAN, 082298795185.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Pidie sudah menetapkan Qanun Pidie Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak. Tujuan dari diterbitkanya qanun ini adalah untuk mewujudkan Kabupaten Pidie bersih, indah, dan tertib. Namum hewan ternak ini masih menjadi permasalahan yang selalu muncul yang berakibat pada terganggunya pengguna jalan mulai dari ketertiban umum, kebersihan lingkungan hingga menyebabkan kecelakaan. Penanganan hewan ternak tidak hanya pemerintah Kabupaten saja yang terlibat, namun juga adanya keterlibatan dari pemerintah desa. Hal ini diperkuat dalam pasal 4 ayat (5). Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana keterlibatan pemerintah desa dalam implementasi Qanun nomor 7 tahun 2012 dan kendala yang dihadapi dalam implementasi qanun tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan komitmen pemerintah desa masih belum signifikan, padahal pemerintah desa mengetahui ada wewenang dalam membuat sebuah qanun penertiban hewan ternak dari desa. Kecuali dari desa Tijue yang sudah menetapkan qanun tersebut. Kendala dalam implementasi qanun adalah kebiasaan masyarakat yang menganggap melepaskan hewan ternak merupakan hal biasa, dan keluhan masyarakat karena kesulitan dalam mencari pakan ternaknya. Serta sanksi dari qanun tersebut yang tidak berefek jera kepada pemilik ternak yang melanggar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Fakhril Rizki
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:57
Last Modified: 28 Nov 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24400

Actions (login required)

View Item
View Item