Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis di Kelas X SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah

Siska Purwati, 281324936 (2018) Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis di Kelas X SMAN 2 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. UNSPECIFIED thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Keanekaragaman Hayati]
Preview
Text (Membahas tentang Keanekaragaman Hayati)
Skripsi Publikasi Pustaka UIN Ar-Raniry, Siska Purwati_281324936_PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran di sekolah SMAN 2 Timang Gajah selama ini berlangsung dengan menggunakan pendekatan yang berpusat oleh guru, sehingga siswa jenuh dan kurang memahami materi. Pada tahun ajaran 2016-2017 khususnya pada materi keanekaragaman hayati nilai ketuntasan belajar siswa 54%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan dan ketuntasan hasil belajar siswa terhadap penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) pada materi keanekaragaman hayati yang dilakukan pada semester ganjil dengan metode penelitian kuantitatif, dan rancangan quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas X1 berjumlah 25 siswa sebagai sampelnya, kemudian pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar angket dan melalui tes. Analisis tanggapan siswa dihitung dengan menggunakan rumus indeks dan analisis ketuntasan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Analisis data menunjukkan bahwa tanggapan siswa tergolong pada kriteria baik sekali dan ketuntasan hasil belajar siswa 80% tuntas, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) pada materi keanekaragaman hayati tingkat jenis mendapat tanggapan baik sekali dari siswa dengan ketuntasan hasil belajar secara individual 20 siswa tuntas dan secara klaksikal 80% siswa tuntas.

Kata kunci: Tanggapan Siswa, Ketuntasan Hasil Belajar
Siswa, Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St. 2. Eriawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa, Ketuntasan Hasil Belajar Siswa, Keanekaragaman Hayati
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Siska Purwati
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:59
Last Modified: 08 Feb 2018 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item
View Item