Talitha Samanta Harahap, 180209002 (2022) Penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 5 Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
![[thumbnail of Model Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Teka-Teki Silang]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Thalita Samanta Harahap, 180209002, FTK, PGMI, 08139631587.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan observasi di lapangan, guru masih menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, sesuai dengan data dokumen kuantitatif yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar dari 34 siswa, 10 siswa kelas V-D MIN 5 Kota Banda Aceh dalam pembelajaran IPA belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan berbantuan media teka-teki silang pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) menganalisis aktivitas guru; (2) menganalisis aktivitas siswa; (3) menganalisis peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) lembar pengamatan aktivitas guru; (2) lembar pengamatan aktivitas siswa; (3) soal tes. Adapun hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) persentase aktivitas guru siklus I dan II yaitu 79,54% dan 96,89%; (2) persentase aktivitas siswa siklus I dan II, yaitu 76,31% dan 97,36%; (3) hasil belajar siswa siklus I dan II, yaitu 0,38 dan 0,71. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berbantuan media teka-teki silang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V-D MIN 5 Kota Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Talitha Samanta Harahap Talitha |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 02:43 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 02:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24438 |