Hubungan Lingkungan Sekolah dengan keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh

Nada Afifah Zahru, 180202126 (2022) Hubungan Lingkungan Sekolah dengan keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Berbicara Bahasa Arab] Text (Berbicara Bahasa Arab)
Nada Afifah Zahru, 180202126, FTK, PBA, 082370787133.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Hubungan Lingkungan Sekolah dengan keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh”, yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah:bagaimana penanganan lingkungan sekolah Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh, Bagaimana hasil evaluasi Kalam bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh dan bagaimana hubungan antara lingkungan sekolah dengan hasil evaluasi Kalam dalam bahasa Arab siswa Tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan lingkungan sekolah , hasil evaluasi kalam dan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara dua variable tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Korelasional. Penelitian korelasional bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana variasi berkaitan dengan variasi pada satu atau lebih variabel lain, berdasarkan koefisien korelasi. Data tersebut diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh tersebut dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan sekolah tidak memiliki pengaruh terhadap keterampilan berbahasa Arab peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh. Dari hasil perhitungan antara variabel X (lingkungan) dan variabel Y (keterampilan berbahasa Arab) dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 menunjukkan nilai sig adalah 0,130 atau lebih dari 0,05 yang berarti bahwa data lingkungan tidak berhubungan dengan data evaluasi kalam. Adapun keadaan lingkungan sekolah di madrasah tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh terdapat aspek – aspek yang mendukung akan keterampilan berbicara siswa, namun aspek yang terdapat pada lembaga tersebut tidak dikembangkan atau jarang di terapkan kepada siswa. Sehingga keadaan lingkungan sekolah tersebut tidak kondusif terhadap keterampilan berbicara bahasa arab siswa. Dan Keterampilan berbahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Banda Aceh tergolong baik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil evaluasi kalam yang telah dilakukan, yang mana semua responden mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nada Afifah Zahru Nada
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:11
Last Modified: 02 Dec 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24497

Actions (login required)

View Item
View Item