Penggunaan Alat Peraga Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Perkalian dan Pembagian Kelas IV MIN 14 Aceh Timur

Silvia, 180209111 (2022) Penggunaan Alat Peraga Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Perkalian dan Pembagian Kelas IV MIN 14 Aceh Timur. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemahaman Konsep] Text (Pemahaman Konsep)
Silvia, 180209111, FTK, PGMI, 082272834862.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Materi Perkalian dan Pembagian merupakan konsep dasar yang materinya berkelanjutan dalam matematika.Oleh karena itu siswa harus paham konsep dasar perkalian dan pembagian untuk memahami materi selanjutnya.Melalui Pemahaman konsep siswa dapat menyatakan ulang sebuah konsep, kemudian dapat mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dan dapat mengaplikasikan pemahaman konsep yang diperolehnya. Namun masih banyak siswa sulit untuk memahami konsep yang telah dipelajari, ketika diberikan soal siswa tidak bisa menjawab.Oleh sebab itu kemampuan pemahaman konsep matematika siswa perlu diperbaiki.Penggunaan alat peraga congklak menjadi salah satu alternatif untuk dapat mengatasi masalah tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru,aktivitas siswa dan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui penggunaan alat peraga congklak pada materi perkalian dan pembagian kelas IV MIN 14 Aceh Timur dengan jumlah 27 siswa. Tekni kpengumpulan data dengan cara observasi dan tes pemahaman konsep sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I dengan persentase 66,66% (baik), dan meningkat pada siklus II dengan persentase 83,88% (baik), dan terus mengalami peningkatan pada siklus III dengan persentase 93,33% (baik sekali). Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai persentase 62,5% (cukup), sedangkan pada siklus II dengan nilai persentase 76,78% (baik), dan terus mengalami penigkatan pada siklus III dengannilaipesentase 85,71% (baik sekali). Kemampuan pemahaman konsep pada siklus I tergolong pada kriteria cukup dengan persentase 66,35%, dan meningkat pada siklus II tergolong pada kriteria baik dengan persentase76,38%, dan terus mengalami peningkatan pada siklus III tergolong pada kriteria baik sekali dengan persentase 84,56%. Hasil post test menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa tergolong pada kriteria baik sekali dengan persentase 95,36%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga congklak dapa tmeningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswakelas IV MIN 14 Aceh Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Silvia Silvia
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:07
Last Modified: 07 Dec 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24511

Actions (login required)

View Item
View Item