Pengolahan Limbah Cair Rumah Makan Menggunakan Pengolahan Anaerob (Bioball) Dan Aerob (Microbubble Generator)

Mohammad Ichlasul Awal, 170702065 (2022) Pengolahan Limbah Cair Rumah Makan Menggunakan Pengolahan Anaerob (Bioball) Dan Aerob (Microbubble Generator). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengolahan Anaerob (Bioball) Dan Aerob (Microbubble Generator)] Text (Pengolahan Anaerob (Bioball) Dan Aerob (Microbubble Generator))
Mohammad Ichlasul Awal, 170702065, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Limbah Rumah makan yang tidak diolah berpotensi merusak lingkungan. Metode anaerob dan aerob dapat menguraikan pulutan dengan bantuan Microbubble Generator dan media biofilter bioball. Anaerob merupakan suatu Kolam yang di desain dengan sistem tertutup untuk dapat menerima kandungan organik yang tinggi, Kolam anaerob berfungsi untuk mereduksi kandungan organik secara biologi dengan bantuan bakteri anaerob. Aerob merupakan Pengolahan air limbah secara aerobik dengan penghapusan polutan organik oleh bakteri yang memerlukan oksigen untuk bekerja dengan memanfaatkan kehadiran secara buatan dari kelompok mikroba yang melekat pada media yang dipakai.
Microbubble Generator (MBG) merupakan alat yang berfungsi sebagai penghasil gelembung udara di dalam air dengan ukuran diameter kurang dari 200 µm. Microbubble yang dihasilkan berguna bagi mikroorganisme dan bakteri untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Variabel bebas dalam eksperimen ini yaitu waktu tinggal selama 1 jam 15 menit pada bak pengendapan, 25 jam pada bak anaerob, dan 8 jam pada bak aerob. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa proses ini mampu mendegradasi zat organik pada limbah rumah makan. Pada parameter COD didapatkan persentase penurunan terbaik pada set 2 dengan persentase sebesar 53,89% dan penurunan mencapai 231 mg/L. Pada Parameter TSS didapatkan persentase penurunan terbaik pada set 2 dengan persentase sebesar 93,10% dan penurunan mencapai 10 mg/L. Pada Parameter Turbiditas didapatkan persentase terbaik pada set 2 dengan persentase sebesar 97,72% dan penurunan mencapai 11,19 NTU. Pada parameter pH didapatkan penurunan terbaik pada set 1 dengan penurunan mencapai 8,2. Simpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu proses anaerob dan aerob ini berpengaruh terhadap efektivitas penurunan dalam mendegradasi zat berbahaya yang mencemari lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya kadar polutan dan beberapa parameter sudah memenuhi standar baku mutu air limbah domestik Nomor P.68/Menlhk/Setjen/Kum.1/8/2016.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Mohammad Ichlasul Awal Awal
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:08
Last Modified: 09 Dec 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24592

Actions (login required)

View Item
View Item