Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Tema 7 di Kelas IV MIN 03 Aceh Besar

Cut Khannalia Indah Putri, 180209049 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Tema 7 di Kelas IV MIN 03 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku  Pada Tema 7 Di Kelas IV MIN 03 Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Tema 7 Di Kelas IV MIN 03 Aceh Besar)
Cut Khannalia Indah Putri, 180209049, FTK, PGMI, 081263015322.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran di kelas sangat berguna untuk menarik minat siswa dalam belajar. Berdasarkan observasi di MIN 03 Aceh Besar penggunaan media pembelajaran di kelas belum optimal. Selama proses belajar mengajar, guru menyampaikan materi dengan menjelaskan, tanpa menggunakan media yang menarik, sehingga materi pembelajaran tidak dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah: bagaimana pengembangan media buku saku berbasis kearifan lokal pada kelas IV tema 7? Dan bagaimana kelayakan produk media buku saku berbasis kearifan lokal kelas IV tema 7?. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau R&D (research and development) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validasi materi, media, bahasa, dan penilaian guru. Data tersebut dihitung menggunakan rumus. Berdasarkan hasil penelitian, media buku saku yang dikembangkan layak digunakan. Adapun nilai yang diperoleh berupa persentase kelayakan dengan 95% untuk penilaian materi masuk dalam kategori sangat layak, penilaian media sebesar 96,25% masuk dalam kategori sangat layak, penilaian bahasa sebesar 81,25% masuk dalam kategori sangat layak, dan 93,75% untuk penilaian guru masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan maka dapat dikatakan media buku saku berbasis kearifan lokal Aceh yang telah dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Khannalia Indah Putri Putri
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:24
Last Modified: 15 Dec 2022 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24639

Actions (login required)

View Item
View Item