Kaza Sadra, 150204074 (2022) Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Gerak Lurus Di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Gerak Lurus Di MAN 4 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kaza Sadra, 150204074, FTK, PFS, 082163454976.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran fisika khususnya materi gerak lurus di MAN 4 Aceh Besar ditemukan bahwa proses belajar hanya memfokuskan pada aspek kognitif saja dan belum memfokuskan bagaimana melatih proses berpikir siswa secara ilmiah. Pembelajaran fisika sering dilakukan secara langsung dan masih bersifat satu arah dari guru ke siswa, salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan sikap ilmiah peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri pada materi gerak lurus. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian Pre- Eksperimental dengan pretes-postes design, yang melibatkan satu kelas yaitu kelas X IPA1 yang terdiri dari 10 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembar observasi. Data hasil observasi di analisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian dari persentase menunjukkan bahwa sikap ilmiah pertemuan pertama dengan persentase 69,5%, pada pertemuan kedua dengan persentase 86,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sikap ilmiah peserta didik dengan menggunakan model inkuiri di MAN 4 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Kaza Sadra |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 03:06 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 03:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24675 |