Penggunaan Teknik Cerita Berantai Dengan Meggunakan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa MTs Daarut Tahfizh Al-Ikhlas

Miftakhul Jannah, 190202044 (2022) Penggunaan Teknik Cerita Berantai Dengan Meggunakan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa MTs Daarut Tahfizh Al-Ikhlas. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Cerita Berantai] Text (Cerita Berantai)
Miftakhul Jannah, 190202044, PBA, 081277252481.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh setiap siswa, tetapi kenyataannya, keterampilan siswa dalam berbicara masih rendah. Minat dan partisipasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab masih kurang, hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa tidak fokus dengan materi dan cenderung berkegiatan sendiri, Penggunaan media dalam proses pembelajaran juga kurang bervariasi. Maka, penggunaan Teknik cerita Berantai melalui Media Microsoft Power Point adalah salah satu cara agar siswa termotivasi dan menambah minat belajar serta keterampilan siswa dalam berbicara. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan Teknik cerita berantai dengan media Microsoft Power Point dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa MTs Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Teknik cerita berantai dengan media Microsoft Power Point tersebut dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa MTs Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan model One grup prettest posttest design. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan prettest posttest. Populasi yang digunakan seluruh murid kelas 2 MTs Terpadu Daarut tahfizh Al-Ikhlas yang berjumlah 205 siswa, adapun sampel yang dipilih adalah kelas 2A dengan jumlah 30 siswa. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Teknik Cerita Berantai dengan Media Power Point dalam pembelajaran keterampilan berbicara sangat baik. Pada aktivitas guru memperoleh nilai 97,5 dan pada aktivitas siswa dengan nilai 95 saat menganalisis data observasi langsung. Teknik Cerita Berantai dengan Media Power Point juga efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa MTs Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Banda Aceh. Hal ini diperoleh dari hasil olah data menggunakan Paired Sample T-Test dengan hasil yang diperoleh 0,000 sig. (2-tailed).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miftakhul Jannah Miftah
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:52
Last Modified: 15 Dec 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24699

Actions (login required)

View Item
View Item