Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja di Provinsi Aceh

Neti Sawalia, 160604098 (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja di Provinsi Aceh] Text (Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja di Provinsi Aceh)
Neti Sawalia, 160604098, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kesempatan kerja merupakan salah satu sasaran yang harus diperluas untuk mendorong pembangunan ekonomi. Terdapat banyak faktor yang diduga dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kesempatan kerja di suatu daerah seperti Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), upah minimum dan inflasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh PDRB, upah minimum dan inflasi terhadap kesempatan kerja di Provinsi Aceh. Data yang digunakan adalah data times series selama 15 tahun yang diinterpolasi menggunakan eviews 9. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja di Provinsi Aceh, upah minimum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja di Provinsi Aceh, serta Inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.1 Angkatan Kerja dan Pasar Tenaga Kerja
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Neti Sawalia Neti
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:42
Last Modified: 26 Dec 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24871

Actions (login required)

View Item
View Item