Hubungan Antara Harga Diri Dengan Resiliensi Pada Pengguna Napza Di Rehabilitasi Kota Banda Aceh

Irma Mauliza, 180901010 (2022) Hubungan Antara Harga Diri Dengan Resiliensi Pada Pengguna Napza Di Rehabilitasi Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Antara Harga Diri Dengan Resiliensi Pada Pengguna Napza Di Rehabilitasi  Kota Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Harga Diri Dengan Resiliensi Pada Pengguna Napza Di Rehabilitasi Kota Banda Aceh)
Irma Mauliza, 180901010, PSI, PSI, 085245402001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan NAPZA memiliki dampak negatif yang sangat banyak, bahkan bisa menyebabkan kematian. Salah satu cara untuk menghentikan penggunaan narkoba adalah dengan melakukan rehabilitasi, dalam proses inilah pengguna NAPZA membutuhkan upaya untuk bertahan dan bangkit dalam keadaan yang sulit baginya atau tidak menyenangkan yang disebut resiliensi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi bagaimana individu bersikap resilien adalah keyakinan tentang harga diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan resiliensi pada pengguna NAPZA di rehabilitasi kota Banda Aceh. Jumlah sampel sebanyak 89 pengguna NAPZA yang direhabilitasi di kota Banda Aceh. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik product moment dari pearson. Berdasarkan nilai koefesien korelasi sebesar r = 0, 612, P = 0,000 (hipotesis diterima) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara harga diri dengan resiliensi pada pengguna NAPZA yang direhebilitasi di Kota Banda Aceh. Hal ini menunjukkan semakin tinggi harga diri maka semakin tinggi resiliensi yang dimiliki pengguna NAPZA yang menjalani rehabilitasi, sebaliknya semakin rendah harga diri maka semakin rendah pula resiliensi pada pengguna NAPZA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Harga Diri, Rehabilitasi, Pengguna NAPZA
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Irma Mauliza Irma
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:08
Last Modified: 26 Dec 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24873

Actions (login required)

View Item
View Item