Hubungan Antara Hardiness Dengan Adaptabilitas Karir Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri Kecamatan Banda Raya Banda Aceh

Nurzakiah, 180901052 (2023) Hubungan Antara Hardiness Dengan Adaptabilitas Karir Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri Kecamatan Banda Raya Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi.

[thumbnail of Hubungan Antara Hardiness Dengan Adaptabilitas Karir Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri Kecamatan Banda Raya Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Hardiness Dengan Adaptabilitas Karir Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri Kecamatan Banda Raya Banda Aceh)
Nurzakiah, 180901052, FPS, PSI, 082360001560.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Hardiness pada siswa SMK kelas XII dapat membantu dalam menghadapi dan mengantisipasi tantangan yang terjadi terhadap adaptabilitas karir. Jika siswa kurang memiliki hardiness dalam meningkatkan kemauan untuk mengembangkan tugas perkembangan karir, maka adaptabilitas karir siswa tersebut menjadi rendah sehingga dapat memberi pengaruh yang signifikan pada masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa Kelas XII SMK Negeri Kecamatan Banda Raya Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Skala Hardiness yang disusun berdasarkan aspek yang diadaptasi dari skala yang dibuat oleh Lutfi, Jasmadi, dan Nova dan Skala Adaptabilitas Karir oleh Saviskas. Jumlah populasi sebanyak 782 siswa dengan jumlah sampel 243. Pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik cluster sampling (area sampling). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0.886 dengan p = 0.00 yang menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara hardiness dengan adaptabilitas karir pada siswa SMK Negeri Kecamatan Banda Raya Banda Aceh. Artinya semakin tinggi hardiness pada siswa, maka semakin tinggi adaptabilitas karir siswa tersebut. Sebaliknya semakin rendah hardiness pada siswa, maka akan semakin rendah pula adaptabilitas karir siswa tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nurzakiah Nurzakiah
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:14
Last Modified: 03 Jan 2023 07:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25054

Actions (login required)

View Item
View Item