Implementasi Manajemen Risiko Produk Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Dalam Meningkatkan Profitabilitas (Studi Pada Unit Pegadaian Syariah Punge Banda Aceh)

Auriza Apriliana Putri, 180603033 (2022) Implementasi Manajemen Risiko Produk Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Dalam Meningkatkan Profitabilitas (Studi Pada Unit Pegadaian Syariah Punge Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi Manajemen Risiko] Text (Implementasi Manajemen Risiko)
Auriza Apriliana Putri, 180603033, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Produk gadai emas kian banyak diminati oleh masyarakat, sehingga manajemen risiko merupakan proses atau strategi paling ampuh untuk mengatasi maupun meminimalisirkan risiko-risiko yang terjadi maupun yang akan terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan manajemen risiko dan hambatannya dalam meningkatkan profitabilitas Unit Pegadaian Syariah Punge Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan wawancara. Informannya terdiri dari pengelola unit/ penaksir, kasir, dan satpam Pegadaian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pen-erapan manajemen risiko serta jenis risiko produk gadai di Unit Pegadaian Syariah Punge Banda Aceh. Risiko yang terjadi seperti risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko kredit dan risiko reputasi. Adanya penerapan manajemen risiko yang tepat dan konsisten dalam implementasi telah mampu mendukung pertum-buhan pembiayaan secara berkelanjutan serta meningkatkan nasabah dan profitabilitas pegadaian syariah. Penerapan manajemen risiko yang dilakukan dengan menerapkan proses manajemen risiko yaitu: identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko, pengel-olaan dan monitoring risiko dan hambatan-hambatan dalam penera-pannya yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Auriza Apriliana Putri Auriza
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:21
Last Modified: 05 Jan 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item
View Item