Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan

Nelvi Asrita, 150209010 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 16 Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Problem Based Learning] Text (Problem Based Learning)
Nelvi Asrita, 150209010, FTK, PGMI, 085263118486.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Motivasi belajar di perlukan karena peserta didik masih kurang aktif dapat dilihat pada saat pembelajaran peserta didik cenderung tidak terlalu fokus memperhatikan materi, masih kurang berperan aktif dalam kelas, kurang ikut berpatisipasi dan kurang antusias dalam berinteraksi serta masih ada peserta didik yang pasif dalam kelompok. Jadi motivasi belajar yang rendah tentu berdampak juga terhadap hasil belajar peserta didik. Maka tujuan penerapan model pembelajaran problem based learning itu untuk melihat bagaimana kemampuan guru mengola pembelajaran, bagaimana peserta didik dalam proses pembelajaran dan bagaimana peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 16 Aceh Selatan. Salah satu model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran adalah model problem based learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas IV MIN 16 Aceh Selatan yang terdiri dari 10 peserta didik dengan pembelajaran tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan peserta didik, soal tes hasil belajar, lembar angket motivasi belajar dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I adalah 78,28% dan pada siklus II memperoleh 84,21%, sedangkan aktivitas siswa selama kegitan pembelajaran siklus I memperoleh 70,94% dan siklus II sebanyak 82,89%, sedangkan motivasi belajar peserta didik pada siklus I pernyataan positif sebesar 3,30% dengan kategori positif, pernyataan negatif sebesar 3,22% dengan kategori negatif, pada siklus II pernyataan positif sebesar 3,62% dengan kategori sangat positif, pernyataan negatif sebesar 3,56% dengan kategori sangat negatif. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh 70% dan siklus II memperoleh 80%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 16 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nelvi Asrita Nelvi
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:11
Last Modified: 10 Jan 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25347

Actions (login required)

View Item
View Item