Hubungan Keberfungsian Keluarga Dengan Kecerdasan Emosional Pada mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di UIN Ar-Raniry Banda aceh

Nila Tiana, 180901115 (2023) Hubungan Keberfungsian Keluarga Dengan Kecerdasan Emosional Pada mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di UIN Ar-Raniry Banda aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Keberfungsian Keluarga Dengan Kecerdasan Emosional Pda Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Hubungan Keberfungsian Keluarga Dengan Kecerdasan Emosional Pda Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nila Tiana, 180901115, FPSI, PSI, 085323170282.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Keberfungsian keluarga mempunyai peranan penting terhadap kecerdasan emosional. Jika seseorang memiliki keluarga yang berfungsi dengan baik maka seorang individu tersebut juga akan memiliki kecerdasan emosional yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keberfungsian keluarga dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di UIN Ar-raniry Banda aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi rank spearman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala keberfungsian keluarga menurut Ryan,Epstein,Keitner, Miller, dan Bishop (2005) dan skala kecerdasan emosional menurut Goleman (2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara keberfungsian keluarga dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di UIN Ar-raniry Banda Aceh dengan nilai r= 0.998 dan signifikan p= 0.000 (p<0,05). Artinya semakin tinggi keberfungsian keluarga maka semakin tinggi pula kecerdasan emosional yang dimiliki mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nila Tiana Nila
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:16
Last Modified: 13 Jan 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25432

Actions (login required)

View Item
View Item