Peran Marketing Mix Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Memilih Produk Pegadaian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Darussalam)

Anisah Syafrida, 180602062 (2022) Peran Marketing Mix Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Memilih Produk Pegadaian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Darussalam). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Marketing Mix] Text (Marketing Mix)
Anisah Syafrida, 180602062, FEBI, ES, 085225178805.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Keputusan masyarakat dalam memilih pegadaian syariah merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh pegadaian syariah dalam meningkatkan minat masyarakat memilih produk pegadaian syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran marketing mix yang dilakukan Pegadaian Syariah Darussalam untuk meningkatkan minat masyarakat memilih produk pegadain syariah, dan kendala dalam penerapan strategi marketing mix. Strategi marketing mix akan dianalisis berdasarkan variabel 4P (product, price, place, promotion). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran produk pegadaian syariah yang dilakukan Pegadaian Syariah Darussalam menggunakan marketing mix (bauran pemasaran) 4p yaitu dapat meningkatkan minat masyarakat. Pada produk (product), dengan cara komunikasi kepada masyarakat untuk mengetahui keunggulan-keunggulan, manfaat, dan juga kemudahan yang mereka dapatkan apabila menggunakan produk-produk pada pegadaian syariah, harga (price) pegadaian menarik minat masyarakat dengan cara dalam menetapkan harga mereka tidak membebani konsumen, lokasi (place) juga tempat yang digunakan dekat dengan jalan raya dan pasar sehingga mudah untuk dijangkau oleh masyarakat, promosi (promotion) menyebarkan brosur, baliho, spanduk, mereka juga melakukan promosi melalui media internet yang mana mudah diakses oleh semua orang terutama bagi kaum milenial. Dalam penerapkan strategi marketing mix pada Pegadaian Syariah Darussalam sudah sesuai dengan prinsip syariah, dimana Pegadaian Syariah Darussalam tidak melakukan kegiatan yang dilarang menurut syariat seperti riba dan gharar. Dan kendala pada Pegadaian Syariah Darussalam adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pegadaian syariah dan pesaing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisah Syafrida Anisah
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:17
Last Modified: 13 Jan 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25535

Actions (login required)

View Item
View Item