Penerapan Permainan Domino dengan Model STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Mufradat di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar

M. Aulia Caesar Alfina, 180202207 (2022) Penerapan Permainan Domino dengan Model STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Mufradat di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Permainan Domino] Text (Penerapan Permainan Domino)
M. Aulia Caesar Alfina, 180202207, FTK, PBA, 085371957171.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pertama, peneliti menemukan bahwa para siswa merasa kesulitan dalam menguasai kosa kata (mufradat) bahasa arab, disebabkan guru masih menggunakan metode lama dan tidak menggunakan permainan bahasa dan metode yang tepat. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan permainan domino dengan metode STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mufradat di MIS Al-Istiqamah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan domino dengan menggunakan metode STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mufradat bahasa arab, dan untuk mengetahui efektivitas permainan domino dengan menggunakan metode STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mufradat bahasa arab. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimental One Grup Pre Test, Post Test Design, dan dalam pengumpulan data, peneliti membuat pengamatan langsung/observasi, Pre-test dan Post-test. Dan adapun sampel yang dipilih oleh peneliti untuk penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah 21 siswa. Dan adapun Hasil penelitian dari skripsi ini adalah bahwa penerapan permainan domino mendapat derajat sangat baik, dan juga efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai mufradat bahasa arab.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Salami Mahmud, MA 2. Dr. Fitrhiani Tsabrani, MA
Uncontrolled Keywords: Penerapan Permainan Domino, Model STAD
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: M. Aulia Caesar Alfina Aulia
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:59
Last Modified: 18 Jan 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25688

Actions (login required)

View Item
View Item