Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 32 Aceh Besar

Nur Maisarah, 190209038 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I MIN 32 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu di MIN 32 Aceh Besar.] Text (Membahas tentang kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu di MIN 32 Aceh Besar.)
Nur Maisarah (190209038) Skripsi...pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Membaca merupakan suatu kegiatan interaktif untuk memetik serta memahami arti atau makna yang terkandung di dalam bahan tulis. Pembelajaran membaca permulaan pada kelas rendah sring ditemukan sebagai permasalahan, diantaranya masalah siswa, guru, materi kegiatan belajar mengajar dan metode yang digunakan misalnya cara penyajian materi pembelajaran. Masih banyak siswa kelas I MIN 32 Aceh Besar yang belum tuntas dalam membaca permulaan dan tidak memenuhi KKM yang ditetapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model pembelajaran kooperatif picture and picture berbantuan media flash card pada siswa kelas I MIN 32 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 79,34%, pada siklus II menjadi 80,43%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 95,65%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 65,21%, pada siklus II menjadi 84,78%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 96,73%. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa pada pra tindakan yaitu, 43,47%, pada siklus I sebesar 56,52%, pada siklus II menjadi 65,21%, dan pada siklus III meningkat menjadi 86,95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif picture and picture berbantuan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Maisarah
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:13
Last Modified: 19 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25746

Actions (login required)

View Item
View Item