Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournamnet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 8 Bireuen

Aini Safitri, 190209005 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournamnet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 8 Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang peningkatan hasil belajar] Text (Tentang peningkatan hasil belajar)
SKRIPSI AINI SAFITRI (190209005).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di MIN 8 Bireuen kelas IV/B, ditemukan permasalahan terkait dengan pembelajaran PKn. Permasalahan yang ditemukan pada siswa kelas IV MIN 8 Bireuen yaitu kebanyakan siswa kesulitan dalam mengingat materi yang dipelajari. Khususnya pada pembelajaran PKn terdapat banyak materi yang harus diingat dan banyak pembagian-pembagiannya. Oleh karena itu, siswa membutuhkan model pembelajaran khusus yang dapat memudahkan siswa untuk mengingat dan mencatat materi yang sedang dipelajari. Penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam pembelajaran PKn dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam peningkatan hasil belajar. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV/B yang berjumlah 25 siswa. KKM individual yang sudah ditetapkan yaitu 70 dan untuk ketuntasan klasikal sebesar 80%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 82,75%, siklus II menjadi 87,06%, dan pada siklus III menjadi 97,41%. Observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 56,89%, siklus II menjadi 73,27%, dan pada siklus III menjadi 93,10%. Adapun untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 52% belum mememuhi ketuntasan klasikal, siklus II menjadi 68% juga belum memenuhi ketuntasan klasikal, pada siklus III menjadi 84% sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aini Safitri
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:33
Last Modified: 20 Jan 2023 04:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25832

Actions (login required)

View Item
View Item