Hubungan Lingkungan Bermain Dan Keluarga Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Desa Kumbang Indah Aceh Tenggara

Sella Munthaza Alesa, 180209017 (2023) Hubungan Lingkungan Bermain Dan Keluarga Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Desa Kumbang Indah Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Hubungan Lingkungan Bermain Dan Keluarga Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Desa Kumbang Indah Aceh Tenggara] Text (Hubungan Lingkungan Bermain Dan Keluarga Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Desa Kumbang Indah Aceh Tenggara)
Sella Munthaza Alesa, 180209017, FTK, PGMI, 082210526826.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Lingkungan bermain dan lingkungan keluarga merupakan lingkungan penting dan memiliki pengaruh besar terhadap tinggi atau rendahnya minat anak dalam belajar terutama pada mata pelajaran tematik.Minat belajar adalah ambisi atau kemauan yang timbul dari relung hati seseorang untuk turut dalam aktivitas belajar. Antusiasme, partisipasi, dan ketekunan siswa di kelas menunjukkan minat mereka dan kesukaan mereka pada pada apa yang mereka pelajari. Minat yang tinggi imbasnya kepada belajar, disebabkan minat merupakan aspek pokok yang memutuskan taraf keuletan seorang siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Desa Kumbang Indah, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara dan di SD Negeri Purwodadi serta berdasarkan hasil wawancara dengan siswa, orang tua siswa dan guru diperoleh informasi bahwa lingkungan bermain dan lingkungan keluarga memiliki hubungan atau pengaruh dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran tematik. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi lingkungan bermain dan keluarga dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran tematik di desa Kumbang Indah Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya lingkungan bermain dan lingkungan keluarga yang baik dan positif memiliki dampak atau pengaruh besar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sella Munthaza Alesa
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:13
Last Modified: 20 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25854

Actions (login required)

View Item
View Item