Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Puzzle Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP

Adhavia Hidayatus Shaifa, 170205208 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Puzzle Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Puzzle Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP] Text (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Puzzle Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP)
Adhavia Hidayatus Shaifa, 170205028, FTK, PMA, 081262146296.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kurang terlibatnya siswa dalam pembelajaran, khusunya dalam mencari dan menemukan konsep matematika, hal ini dikarenakan siswa terbiasa mencatat materi di buku tulis, sehingga konsep matematika yang diterima siswa masih abstrak. Untuk dapat melibatkan siswa dalam mencari dan menemukan konsep matematika khususnya pada materi bangun datar segiempat, diperlukannya model pembelajaran inkuiri dengan berbantuan alat peraga puzzle bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga puzzle bangun datar dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaan matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kluet Timur. Rancangan penelitian ini adalah Quasy Experimental Design (pre-test post-test group design) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Kluet Timur dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, instrumen penelitian menggunakan lembar soal tes dan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD. Analisis data hasil pembelajaran siswa menggunakan uji statistik pihak kanan, berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa t_hitung=1,86 dan t_tabel=1,68 maka t_hitung>t_tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga puzzle bangun datar lebih baik daripada pembelajaran konvensional (tanpa berbantuan alat peraga) pada pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Adhavia Hidayatus Shaifa
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:53
Last Modified: 20 Jan 2023 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25870

Actions (login required)

View Item
View Item