Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Industri Manufaktur di Indonesia

Majrimi, 180604065 (2023) Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Industri Manufaktur di Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Industri Manufaktur] Text (Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Industri Manufaktur)
Majrimi, 180604065, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Produktivitas sangat erat kaitannya dengan industri manufaktur dimana produktivitas merupakan alat ukur untuk menentukan efektivitas perusahaan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh jumlah tenaga kerja, upah, dan IPM terhadap produktivitas tenaga kerja industri manufaktur di Indonesia?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah tenaga kerja, upah, dan indeks pembangunan manusia terhadap produktivitas tenaga kerja tahun 2012- 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis regresi data panel. Metode yang digunakan yaitu panel least square dengan penentuan model terbaik fixed effect. Hasil penelitian menunjukkan jumlah tenaga kerja memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja, upah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja, dan indeks pembangunan manusia memiliki pengaruh positif signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja. Secara simultan jumlah tenaga kerja, upah, dan indeks pembangunan manusia berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja industri manufaktur di Indonesia tahun 2012-2021.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.1 Angkatan Kerja dan Pasar Tenaga Kerja > 331.7 Ketenagakerjaan berdasarkan Industri dan Pekerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Majrimi Majrimi
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:11
Last Modified: 31 Jan 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25989

Actions (login required)

View Item
View Item