Literasi Informasi Penerimaan Berita Hoaks Melalui Facebook Di SMP IT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya

Irwan Rizky, 170401132 (2023) Literasi Informasi Penerimaan Berita Hoaks Melalui Facebook Di SMP IT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Literasi Informasi Penerimaan Berita Hoaks Melelui Facebook Di SMP IT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya] Text (Literasi Informasi Penerimaan Berita Hoaks Melelui Facebook Di SMP IT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya)
Irwan Rizky, 170401132, FDK, KPI, 082232490362.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan sementara, dilingkungan SMPIT Insan Madani Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya hampir rata- rata siswa -siswi menggunakan Handphone yang sehingga siswa-siswi SMPIT Insan Madani Susoh menjadikan facebook sebagai aplikasi media sosial mereka pertama sebagai trend baru di SMP tersebut. Kebanyakan dari mereka mengenal jejaring sosial facebook melalui teman-teman sebaya lainnya yang sekolah di tempat sekolah lain. Tujuan penelitian ini untuk mendorong literasi siswa SMPIT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya dalam menanggapi informasi di Facebook, memanfaatkan media sosial Fcaebook untuk siswa dan siswi SMPIT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya melihat informasi, dan siswa dan siswi SMPIT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya dalam memahami penyebaran informasi hoaks di facebook. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori literasi media. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa literasi Siswa dan siswi SMPIT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya dalam menanggapi informasi di Facebook dapat dikelompokkan menjadi dua tanggapan. Pertama siswa yang menanggapi berita informasi secara baik dengan mencermati dan memahami serta mencari kebenarannya agar tidak salah salam menyampaikan kepada pihak lain. Kedua, terdapat siswa yang memiliki tanggapan kurang baik, karena tidak mencermati dan memahami dengan baik, sehingga menyampaikan berita yang terkadang tidak benar adanya kepada pihak lain. Pemahaman sebagian besar siswa dan siswi SMPIT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya terhadap penyebaran informasi di Facebook sudah baik, ditandai dengan adanya sikap kritis memahaminya seperti mencari kebenaran informasi yang sama dimedia lain, sehingga tidak tersalah dalam memahami informasi di Facebook. Namun, sebagian siswa juga kurang cermat dalam memahami pesan informasi di Facebook, karena dianggap tidak ada manfaatnya bagi kehidupan mereka. Pemahaman siswa dan siswi SMPIT Insan Madani Susoh Aceh Barat Daya dalam penyebaran informasi Hoaks di Facebook dengan selalu dengan cermat dan tidak mudah terpropokasi dengan berita yang beredar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Irwan Rizky
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:16
Last Modified: 02 Feb 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26188

Actions (login required)

View Item
View Item