Model Komunikasi Bisnis untuk Usaha Kecil dan Menengah Jenis Kasab di Kabupaten Aceh Besar

Nova Maulidar, 411307148 (2018) Model Komunikasi Bisnis untuk Usaha Kecil dan Menengah Jenis Kasab di Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Model Komunikasi Bisnis]
Preview
Text (Membahas Tentang Model Komunikasi Bisnis)
Skripsi Nova.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Model Komunikasi Bisnis Untuk Usaha Kecil dan Menengah Jenis Kasab di Aceh Besar”. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian adalah (1) Bagaimana model komunikasi bisnis untuk usaha kecil menengah jenis kasab di Aceh Besar. (2) Bagaimana hambatan komunikasi bisnis yang dihadapi oleh pengusaha untuk usaha kecil menengah jenis kasab di Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model komunikasi bisnis seperti apa yang digunakan oleh para pengusaha kasab di Aceh Besar dan juga untuk mengetahui hambatan komunikasi bisnis yang di hadapi oleh para pengusaha kasab di Aceh Besar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti terlebih dahulu mengobservasi kegiatan pengusaha dalam memproduksi kasab dan kemudian mewawancarai beberapa pengusaha yang memiliki bisnis kasab. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan yaitu dalam menjalankan bisnisnya para pengusaha kasab menggunakan beberapa bentuk model komunikasi bisnis di antaranya Model Komunikasi bisnis yang dilakukan oleh pengusaha kasab meliputi tiga macam jenis model komunikasi. Diantaranya model komunikasi linear dalam mempromosikan kasab juga menggunakan model tersebut ketika berkomunikasi dengan para pekerja. Model komunikasi interaksional dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Model komunikasi transaksional dengan memamerkan hasil kasab pada ajang pameran seni, dengan demikian masyarakat bisa dengan leluasa melihat dan juga berkomunikasi langsung dengan pengusaha. Sedangkan hambatan-hambatan yang terjadi dalam komunikasi bisnis pengusaha kasab yaitu hambatan eksternal dan internal. Hambatan eksternal yaitu antara pengusaha dan juga para konsumen, seperti terjadinya kesalahpahaman dalam berkomunikasi bisnis seperti dalam hal berhutang, ketika ada pelanggan yang berhutang namun membayarnya sudah lewat dari masa waktu yang telah disepakati. Karena hal tersebut menghambat proses bisnis kasab untuk kedepan. Sedangkan hambatan internal yaitu terjadi antara pengusaha dengan para pekerja kasab seperti pekerja yang melambatlambatkan pekerjaannya dalam proses membuat kasab, maka dari itu pekerjaan kedepan yang sudah dijadwalkan jadi terlambat terlaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Syukri Syamaun 2.Fajri Chairawati
Uncontrolled Keywords: Bisnis,Komunikasi,Usaha Kecil
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nova Maulidar
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:55
Last Modified: 06 Apr 2018 07:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item
View Item